May 1, 2017

BackPacker Wakatobi : Explore Wangi-wangi, Kaledupa, dan Tomia



Lets to the Point ya.., Did You Know Wakatobi ?. Kenapa harus kesini ?
Well, wakatobi merupakan salah satu kabupaten yang ada di Sulawesi Tenggara. Nama Wakatobi sendiri diambil dari 4 pulau utama yang di gabung menjadi satu yaitu  wangi-wangi, kaledupa, tomia, dan Binongko.  Gw sendiri gak kesemua pulau tersebut hanya 3 pulau dan 1 pulau kecil (wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Hoga).

Bagi yang suka wisata bahari atau underwaternya.., wakatobi juara.., gk salah kalau dinobatkan sebagai Cagar Biosfer laut dunia oleh UNESCO. Bagi yang suka Diving recommended Banget...

Ini itinerary gw kemarin...

Tanggal Jam Itinerary
19-Dec-17   20:55-22:05 Balikpapan-Makassar (Last Flight) - Lion
22:05-Pagi Check in Hotel Ibis Bandara Hasanudin
20-Dec-17   08:10-10:20 Makassar-Wakatobi (Wangi-wangi) - Wings
11:00-12:00 Bandara Matohara-Pelabuhan Wanci
12:00-15:00 Wangi2 - Kaledupa by Klotok
15:00-16:00 Kaledupa-Hoga by Boat
16:00-Pagi Bermalam di Pulau Hoga (Penginapan Penduduk)
21-Dec-17   08:00-10:00 Diving di Pulau Hoga
10:00-12:00 Explore Hoga
12:00-13:00 Hoga-Kaledupa
13:00-15:00 Explore Kaledupa (Pantai Taduno & Danau Sombano)
15:00-17:00 Kaledupa-Tomia (Boat)
17:00-18:00 Puncak Khayangan Tomia
Istirahat
22-Dec-17   07:00-09:00 Diving di Pulau Tomia (ada fotografernya)
09:00-12:00 Istirahat + jumatan
12:00-17:00 Explore Pulau Tomia (benteng patua, Goa Tewali, & Bukit Tonua Monabu)
Istirahat Packing
23-Dec-17   07:00-10:00 Tomia - Wangi2 by boat
10:00-15:00 Explore Wangi-wangi
15:00-End Back to Makassar




Yang gw Bold Merah yang wajib dikunjungi.


Jujur.., agak lupa detail cost yang gw keluarin kemarin. yang gw inget gak lebih dari Rp 3,5 jt (exclude tiket pesawat). bahkan itu masih ada sisa beberapa ratus ribu. itu uda semuanya ya.., dari mulai datang sampai pergi lagi (makan, penginapan, diving, dll)

Ini adalah beberapa High Light yang harus lo lakuin di Wakatobi.

1. Diving




Kenapa harus diving disini, karena kawasan wakatobi adalah salah satu Cagar Biosfer terbesar di Dunia. dan 750 spesies trumbu karang dari 850'an spesies trumbu karang ada di sini. Tenang..., bagi yang baru pertama kali diving, minta aja pendamping. tentu dengan tambahan biaya... hehehe..., Jujur gw diwakatobi ini juga baru pertama kali diving. di Pulau Hoga (dengan pendamping, jadi depegangin gitu.., hahaha), tapi di Tomia, gw uda bisa diving sendiri. dan salah satu Whist List gw adalah ambil License Diving (PADI). masih cari teman.., PM kalau mau bareng. 




2. Permukiman di atas laut - Suku Bajo



Gw kemarin ngunjungin Permukiman suku bajo Desa Sama Bahari.., Permukiman unik.., terletak benar-benar diatas laut. Suda dari jaman dulu ya..., sekolahpun kelihatannya hanyak sampai SD dan SMP yang ada di permukiman ini, untuK melanjutkkan sekolah ke jenjang SMA harus ke pulau utama. konon katanya.., suku bajo kalau tidur didaratan (tidak diatas laut) mereka merasa gak nyaman dan katanya ada yang menghantui mereka (curse). anw itu pak jufri ya.., Guide kami.



3. Bermalam di Pulau Hoga



Ada 2 pilihan untuk kalau ingin menginap di pulau ini.., Pilih Hotel (semalam 700 ribu) atau Penginapan Penduduk (semalam 150 ribu). Dan gw pikir, penginapan penduduk juga lumayan nyaman kok.., toh kita cuman beberpa jam aja buat istirahat tidu. Kbetulan waktu kita  di Hoga.., wisatawannya cuman kita aja gak ada yang lain. Hotel pun gak ada pengunjung. dan Listrik cuman dari jam 6 sore sampai jam 12 malam. dan gw rasa yang tinggal dipulau ini gak lebih dari 10 orang (termasuk kita). hahaha.... bener-bener Back to Nature.. dan kalau ingin Makan berat kita bisa pergi ke Hotel (satu-satunya pilihan), untuk sekali makan Rp 50 ribu per orang.., tapi lumayan kok..., dengan harga segitu.


4. Explore Kaledupa

Pantai Taduno

 Danau Sombano

kalau ke Kaledupa coba pergi ke Pantai Taduno dan Danau Sombano, letaknya searah dan berdekatan. Pantainya itu pasir Putih dan masih jarang banget dikunjungi. sepi banget. cocok banget buat yang hobi mager.., tempatnya tenang.., berasa punya sendiri. Kalau danau Sombano airnya jernih banget.., danuanya memanjang dan ada ikan bandeng'nya. sayangnya gw cuman sebentar disini, Karena ngejar Boat untuk pergi ke Tomia. kalau mau explore pulau ini sewa aja Ojek.., tarifnya Rp 50.000 diantar tuh keliling pulau.


3. Explore Tomia



Puncak Khayangan


Goa Tewali


Tonua Monabu



Diving disini itu harus.., menurut saya... lebih banyak spot bagus disini dari pada di Hoga. bisa lihat Kumpulan ikan barakuda. So emejing. selain bawa lautnya, ada beberapa spot yang harus dikunjungi disini dan menurut gw semuanya so.....Emejing. Bagus-bagus banget.
Dan untuk land tournya di Tomia wajib ngunjungin Puncak Khayangan, Benteng Patua, Goa Tewali, dan Bukit Tonua Monabu. Dari Beberapa tempat itu yang menurut gw bagus banget ya Bukit Tonua monabu dan Puncak Khayangan.
Gw kemarin explore Tomia diantar anak-anak SMA (anak-anak SMA yang jaga pengginapan yang gw tempati). Motor mereka gw sewa dan mereka juga nemenin kita kasih tunjuk tempat-tempat bagus di Tomia. awalnya gak punya niat untuk sewa motor.., tapi karena Local Guide disini mahal banget (400 ribu sekali jalan).., makanya kita bajak anak SMA. dan.. gw pikir beberapa tempat yang kami kunjungi masih belum ada di Google dan belum masuk ke list kami.., tapi Super Duper Keren tempatnya (meskipun butuh perjuangan untuk sampai disana). Ya..., siapa lagi yang lebih tau soal tempat-tempat keren-keren kalau bukan anak-anak muda di tempat itu. 

Gk ada tarif pasti sih.., untuk sewa motornya.., dan merak juga gak matok tarif, karena mereka bukan rental motor dan bukan Guide. Gw kemarin kasih mereka 200 ribu (100ribu untuk motor dan 100ribu untuk tips). dan.., You Know What ??. mereka Girang banget.., sampai tangan gw dicium. dan gw pikir worthed banget seharian temenin kita keliling pulau tomia.

/

4. Explore Wangi-Wangi


gw tiba di wangi-wangi pukul 10 pagi.., sembari nunggu penerbangan wings air pukul 3 sore. gw land tour beberapa tempat.., tapi menurut gw biasa saja tempatnya. antaralain Goa Kontamale, Puncak Waginopo, dan Pantai...., gw lupa namanya. hahaha..


perjalanan gw dari mendarat di Bandahar Matohara sampai di Kaledupa dan Hoga (kecuali Tomia) semuanya di handle oleh Pak Jufri dan teman-temannya.., Orangnya baik.., Mulai dari nyusun itinerary, diving, dan transport sampai balik lagi, Pak jufri ini yang membantu kami. Ngerti lah.., berapa Budget kita.., hahahaha... kalau mau tanya-tanya sama beliau.., berikut kontak personnya... (Bukan Endorse ya..., hahaha...) Pak Jufri (085395303993)




No comments:

Post a Comment